Selasa, 08 Juli 2014

Terkenal Beraliran Pop

Terkenal Beraliran Pop
Ilustrasi musik mandarin
 Beberapa besar orang-orang Indonesia pasti mengetahui seseorang penyanyi bernama Rani. Ia bisa disebutkan adalah hanya satu penyanyi Indonesia populer yang konsentrasi membawakan lagu serta musik Mandarin Rani sangat fasih bicara memakai bhs Mandarin. Kemampuannya berbahasa Mandarin tidak cuma pada lirik lagu. Bhs Mandarin dapat disebutkan untuk bhs ke-2 baginya.
Bhs Mandarin
Mandarin yaitu satu diantara kekayaan bhs yang ada didunia. Bhs ini banyak dituturkan di beberapa negara Cina, terutama lokasi utara serta barat daya. Dialek yang umum dipakai yaitu dialek bhs Tionghua.  Mandarin jadi bhs yang dituturkan oleh orang-orang di Republik Rakyat Cina serta Taiwan. Tak hanya ke-2 negara raksasa Asia itu, bhs Mandarin dapat dituturkan oleh beberapa orang-orang keturunan Cina yang tinggal di Indonesia, Singapura, serta Malaysia.
Musik Mandarin
Musik Mandarin sama dengan musik-musik umumnya. Aliran musik yang banyak diusung satu diantaranya yaitu pop. Musik pop yang condong gampang diolah serta di nikmati kelihatannya jadi satu diantara argumen kenapa aliran musik ini diambil.  Musik Mandarin beraliran pop, selanjutnya “bentrok” dengan musik pop yang datang dari Hongkong.
Untuk membedakan ke-2 musik pop ini, beberapa musisi itu memakai dua bhs yang tidak sama. Musik pop Mandarin memakai bhs Mandarin, sedang musik pop Hongkong memakai bhs Kantonis.  Meskipun Cina adalah negara dengan jumlah penutur bhs Mandarin paling besar didunia, kenyataannya musik-musik Mandarin malah banyak dinyanyikan oleh musisi dari negara Taiwan.
Musik Mandarin kelihatannya layak berterima kasih pada pemerintah Kuomintang yang waktu itu menjabat di Taiwan. Waktu itu, pemerintah Kuomintang cuma membolehkan acara-acara tv serta radio berbahasa Mandarin beredar di Taiwan.
Awal Kemunculan Musik Mandarin
1920-1930. Musik Mandarin beraliran pop awal mulanya dibawakan dengan style Shanghai. Orang-orang penikmat musik mengetahui musik Mandarin dengan style Shanghai dengan sebutan shidaiqu Musik Mandarin style Shanghai populer dengan kombinasi musik daerah barat dengan alunan melodi dari Tiongkok. Musisi yang populer pada masa itu yaitu Li Jinhui. Ia yaitu pendiri rombongan tari serta lagu dari Tiongkok, rombongan itu bernama The Bright Moon Song and Dance Company.
1930-1940. Sesudah kejayaan rombongan tari serta lagu itu mulai sirna, nampak sebagian penyanyi serta bintang film yang turut mempopulerkan musik Mandarin. Artis-artis itu yaitu Wu Yingyin, Zhou Xuan, Bai Hong, Bai Guang, Li Xianglan, Gong Qiuxia, serta Yao Lee.
1950. Waktu itu, Partai Komunis melarang hiburan dari negara komunis masuk ke negara Taiwan. Mengakibatkan, musik pop dilarang diputar. Waktu tersebut, pop Mandarin berjaya di Taiwan. Terlebih, sesudah pemerintah Cina lebih memprioritaskan penggunaan bhs Mandarin dari pada bhs Taiwan.
1970-an. Musik Mandarin mulai merambah negara Singapura. Penyanyi yang populer kerap membawakan musik-musik Mandarin yaitu Teresa Teng serta Deng Xiaoping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar